Rabu, 27 Juli 2011

Cara simple mencegah virus dari flashdisk

Pada prinsipnya, program ini berfungsi untuk me-rename semua file .EXE, .SCR, .COM dan .INF yang ada di root drive FlashDisk menjadi masing-masing .EX_, .SC_, .CO_ dan .IN_. Program ini aktif sebagai background di Windows anda (jalan secara otomatis saat Windows startup). Jika ada sebuah Flashdisk yang terhubung ke komputer anda, maka program ini secara otomatis akan ”bekerja” me-rename file-file .EXE, .SCR, .COM, dan .INF menjadi .EX_, .SC_, .CO_ dan .IN_.


HOW TO...
= Jalankan install.bat untuk menginstal program FDGuard, selanjutnya program akan otomatis
jalan ketika windows loading.
= Untuk mengaktifkan Autocheck, tekan Shift+A (Autocheck). Jika autocheck aktif, setiap
flashdisk yang masuk akan segera diperiksa isinya, jika ditemukan file EXE, SCR atau COM, file
tersebut akan diubah menjadi EX_, SC_ atau CO_. Defaultnya, mode Autocheck aktif. Untuk menonaktifkannya, tekan kembali Shift+A.
= Untuk mengembalikan semua file EX_, SC_ atau CO_ di flashdisk ke ekstensi EXE, SCR, atau
COM, tekan Shift+R (Restore). Operasi ini akan mengakibatkan mode Autocheck non-aktif.
= Untuk mengakhiri program, tekan Shift+Q (Quit).
= Setiap penekanan tombol (Shift+A/R/Q), harus diawali dengan memindahkan fokus ke program FDGuard, yaitu dengan mengklik salah satu objek pada program FDGuard (susah ya pakenya?)

Selain itu, beberapa FlashDisk terbaru dan tercanggih memang menggunakan fasilitas Autorun.inf untuk menjalankan program utilities-nya sendiri. Sayangnya, FDGuard tidak pandang bulu terhadap program utilities dari FlashDisk ini. Akibatnya jika agan memiliki FlashDisk jenis ini, maka FDGuard akan langsung ”menjinakkan” program utilites FlashDisk anda. Tetapi agan tidak perlu kuatir, karena anda bisa langsung me-restore file-file tersebut dengan cara menekan Shift+R. Demikian saja posting dari ane, semoga bermanfaat bagi anda semua..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar